160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

Are Academy – Pemda Kolut Sukses Gelar Pelatihan Duta Wisata Putra Putri Patowonua

Pemerintah Daerah Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara menggandeng Are Academy menggelar pelatihan duta wisata Putra Putri Patawonua. (Foto: Istimewa)

MATALOKAL.COM, KOLUT – Pemerintah Daerah Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara menggandeng Are Academy menggelar pelatihan duta wisata Putra Putri Patawonua.

Pelatihan digelar di Hotel Utama Lasusua Kolaka Utara, selama dua hari, Sabtu-Minggu 18-19 Mei 2024, dibuka Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara Sukanto Toding.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pariwisata Syamsul Alam, Plt Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Sosial Kolut Hasri Anda.

Hari pertama yang menjadi pemateri adalah Asri Anda. Ia memperkenalkan budaya dan kepariwisataan Kolut. Pemateri berikutnya Ir. Rahman Ashar. Ia menjelaskan tentang putera puteri Patawonua.

Kemudian, Titiek Pusputasari, character building, kecerdasan Emosional (Emotional Quotient), Low Of Attraction, Personal Branding.

Hari kedua, Rahman Ashar membawakan materi sosial skill, public speaking, attitude, kepribadian. Kemudian dilanjutkan pemateri berikutnya yakni Rayyan Haris terkait modeling, photo model, conseling skill.

eiPro Advetorial

Ketua Panitia Pelatihan, Rahman Ashar mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali diselenggarakan Pemda Kolaka Utara. Persiapan pelatihan selama dua pekan oleh Dinas Pariwisata Kolaka Utara sebagai partner.

“Kegiatan ini dalam rangka peningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya Generasi Z Kolaka Utara sebagai generasi penerus agar memiliki kepribadian dan karakter yang baik,” ucap Rahman Ashar.

Pendaftar kegiatan ini sebanyak 105 putri dan 72 putra. Namun hanya 121 peserta yang mengikuti pelatihan, terdiri dari 79 putri dan 42 putra.

Bagi peserta yang sudah mendaftar diminta membuat video perkenalan diri dan wajib diposting di sosial media mereka.

Pihak penyelenggara membebaskan siapapun boleh ikut. Sebab, dalam pelatihan ini tidak ada seleksi khusus karena setiap putra putri Kolaka Utara berhak untuk mengikuti kegiatan ini.

“Cara ini kami gunakan untuk mengetahui siapa saja peserta yang memiliki semangat dan keinginan tinggi untuk bekerjasama dengan pemerintah menjadi putera puteri yang siap mempromosikan wisata dan produk unggulan Kolaka Utara,” ujar Fardan sapaan akrab Rahman Ashar.

Pj Bupati Kolaka Utara Sukanto Toding menjelaskan, pelatihan duta wisata merupakan upaya sinergitas antara pengembangan Kolut sebagai daerah destinasi wisata terbaik di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Melalui pelatihan ini, sumber daya manusia dari kalangan putra putri Patawonua dapat dikembangkan dalam hal kepercayaan diri, keterampilan, karakter, kedisiplinan, serta memiliki mental kompetitif,” kata Sukanto saat dikonfirmasi melalui via Whatsappnya, Sabtu, 18 Mei 2024.

Ia berharap, putra putri Patawonua yang mengikuti pelatihan bisa menjadi promotor dan ambassador yang efektif dalam mempromosikan wisata serta produk unggulan Kolaka Utara, baik di tingkat provinsi maupun international.

“Dengan pelatihan ini, kita tidak hanya mengembangkan potensi wisata daerah, tetapi juga membentuk generasi muda yang siap bersaing dan berkontribusi positif bagi kemajuan Kolaka Utara,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kolaka Utara Nina Harini Yuniarti Sukanto mengapresiasi kegiatan ini. Nina Harini berharap dengan Pelatihan Duta Wisata Putera Puteri Patawonua dapat meningkatkan kualitas sumber daya generasi milenial (remaja) Kolaka Utara.

“Semoga dengan pelatihan ini dapat melahirkan bibit-bibit baru yang memiliki talenta sesuai dengan minat bakat mereka yang nantinya akan menjadi influencer bagi putra putri Kolaka Utara,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Hasri Anda selaku Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Kolaka Utara yang juga sebagai pemateri sangat mengapresiasi kegiatan ini. Apalagi dengan menonjolkan issue kearifan lokal seperti penguatan Patawonua, pengembangan seni dan budaya lokal.

“Output dari pelatihan ini dapat membuka wawasan Putra Putri Patawonua yang punya talenta untuk mempromosikan wisata dan produk unggulan yang ada di Kolaka Utara,” harapnya.

Plt Kabid Sumber Daya Pariwisata, Martini mengucapkan terimakasih kepada Pj Bupati Kolaka Utara yang telah mendukung pengembangan sumber daya pariwisata.

Sehingga dapat terlaksana dengan baik, putra putri Patowonua mendapatkan akses dan ilmu untuk pengembangan jati diri yang selama ini belum pernah mereka dapatkan secara formal dan maksimal.

“Semua ini tidak luput dari kerja keras dan ide mentor-mentor serta trainer yang hebat dari kru Are Academy,” akunya.

Martini berharap, Pemda Kolaka Utara lebih mendukung dan mengalokasikan anggaran agar kegiatan, sehingga berkesinambungan secara maksimal dan optimal demi terciptanya putra putri Patowonua yang handal, inovatif, kreatif, berakhlak dan berdaya saing tinggi terkhusus dalam pengembangan dunia pariwisata di Kolaka Utara.

Rayyan Haris selaku Direktur ARE ACADEMY menambahkan, peserta Pelatihan Duta Wisata Putera Puteri Patowonua akan terus dibina selama setahun.

Mereka dipersiapkan untuk menjadi pilar generasi muda Kolaka Utara yang akan mempromosikan budaya, adat istiadat, pariwisata, ekonomi kreatif serta produk unggul Kolaka Utara baik di kanca nasional maupun internasional.

“Kegiatan ini juga sebagai aktualisasi diri serta wadah dalam pembentukan karakter putera dan puteri generasi masa depan Sultra khususnya Kabupaten Kolaka Utara,” tutur Rayyan Haris.

Diketahui, pada kegiatan ini pula ARE ACADEMY mencari putri putri yang siap membanggakan Kolaka Utara di ajang Indonesia Model Search 2024 yang akan dilaksanakan Juni di Jakarta. Selanjutnya Trend Model Indonesia 2024 yang akan dilaksanakan pada September 2024 di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like