160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

Polisi Pelaku Penembakan 2 Nelayan di Konsel hingga Tewas Dipecat

Jenazah nelayan korban penembakan bernama Maco (39) ditandu polisi untuk dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Kendari guna dilakukan autopsi. (Foto: Fadli Aksar)

MATAKOKAL.COM, KENDARI – Bripka Arifin T personel Ditpolairud Polda Sultra dipecat dari institusi kepolisian setelah terbukti melakukan pelanggaran Kode Etik Profesi Polri (KEPP) dalam sidang putusan pada Jumat 5 Januari 2024.

Bripka Arifin T dijatuhi sanksi pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) usai menembak 2 dari 4 nelayan hingga tewas di Pulau Cempedak, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), pada November 2023.

Kabid Propam Polda Sultra, Kombes Pol Moch Sholeh membenarkan Informasi tersebut. “Benar putusan Sidang KEPP putusannya PTDH. namun Bripka A melakukan upaya banding,” ujar Moch Sholeh via WhatsApp, pada Rabu 10 Januari 2024.

Tak hanya itu, Propam Polda Sultra juga menjatuhkan sanksi terhadap Bripka Roni Paputungan. Berbeda dengan Arif, Bripka Roni dijatuhi sanksi lebih ringan, yakni demosi atau penundaan kenaikan pangkat selama 3 tahun.

Meski dijatuhi sanksi demosi, Bripka Roni Paputungan menerima hukuman tersebut dan menolak untuk mengajukan banding. “Untuk Bripka R menerima putusan demosi,” tegasnya.

Sebelumnya, Bripka Arifin T dan Bripka Roni Paputungan ditahan di tempat khusus oleh Propam Polda Sultra setelah menembak 4 nelayan, yakni Maco (39), Putra (16), Ucok (25) dan Ilham (16).

Maco meninggal dunia setelah mengalami luka tembak di dada sebelah kanan tembus ke belakang. Pria 39 tahun ini juga mengalami luka sayatan di pergelangan tangan kanan dan lutut kanan.

Sementara Putra meninggal dunia setelah dirawat 2 hari di Rumah Sakit Bhayangkara Kendari. Remaja 16 tahun ini menderita luka tembak di pinggul sebelah kiri.

Ilham mengalami luka tembak di bagian paha. Korban keempat yakni Ucok alias Juswa mengalami luka tembak di dada sebelah kanan.(*)

Editor: Fadli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like