160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

Dirut dan Humas Bank Sultra Dilaporkan ke Kejaksaan, Diduga Selewengkan Dana CSR Rp 2,2 Miliar

Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif (kiri) dan Kepala Divisi Corporate Secretary Bank Sultra, Wa Ode Nurhuma. (Foto: Kolase)

MATALOKAL.COM, KENDARI – Direktur Utama (Dirut) Bank Sultra, Abdul Latif, dan Kepala Divisi Corporate Secretary atau Humas, Wa Ode Nurhuma dilaporkan ke Kejati Sultra.

Kedua pimpinan Bank Sultra ini dilaporkan Badan Pemantau Kebijakan Publik (BPKP) ke Kejati Sultra lantaran diduga menyelewengkan dana CSR Rp 2,2 miliar dari tahun 2021-2022.

Ketua BPKP Sultra, Wawan mengatakan, dalam hasil pemeriksaan BPK, ditemukan 62 kegiatan CSR di bawah tanggung jawab Kepala Divisi Corporate Secretary tanpa laporan pertanggungjawaban.

“Yang kita laporkan itu Direktur Bank Sultra dan Kepala Divisi Corporate Secretary Wa Ode Nurhuma terkait indikasi korupsi dana CSR yang nilainya sekitar Rp2,2 miliar,” ungkap Wawan. Senin (20/11/2023)

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Sultra Dodi membenarkan adanya laporan tersebut. Katanya, laporan itu telah diterima lewat pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Kejati Sultra pada Senin (20/11/2023).

Menurutnya laporan tersebut akan ditindaklanjuti dan diserahkan ke pimpinan untuk melakukan telaah dan analisis terhadap laporan dugaan tindak pidana korupsi dana CSR di Bank Sultra.

“Ada Laporan dari BPKP Sultra terkait dengan dugaan tipikor di Bank Sultra, mereka telah melaporkan secara resmi dan sesuai SOP laporan pengaduan akan ditindaklanjuti,” ujarnya.

Dodi menambahkan sesuai prosedur setiap laporan akan ditelaah atau dianalisa oleh tim intelijen dan pidana khusus sebelum ditindaklanjuti ke tahap berikutnya.

“Telaah oleh tim baik di bidang pidsus atau intelijen, apakah sudah memenuhi syarat. Kalau belum akan dikembalikan ke pelapor untuk melengkapi laporan,” katanya.

Kepala Divisi Corporate Secretary Bank Sultra, Wa Ode Nurhuma mengatakan, pihaknya telah menindaklanjuti temuan administrasi dana CSR berdasarkan hasil pemeriksaan BPK.

“Hal ini bisa dikonfirmasi langsung ke BPK,” ujar Wa Ode Nurhuma saat dihubungi, pada Selasa (21/11/2023) pagi.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sultra, Abdul Latif belum merespon pesan WhatsApp wartawan.(*)

Editor: Fadli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like