160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner 728x250 banner 728x250

Andap Budhi Revianto Keluar dari Polri Jelang Dilantik Sebagai Pj Gubernur Sulawesi Tenggara

Kendari – Andap Budhi Revianto keluar dari Polri sehari jelang dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Senin (4/9/2023) kemarin.

Andap Budhi Revianto resmi menyandang status purnawirawan polisi usai dilantik sebagai ASN Kemenkumham, oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, di gedung Graha Pengayoman.

“Saya baru saja melantik dan mengambil sumpah saudara Andap Budhi Revianto menjadi ASN dalam jabatan tetap yaitu Sekretaris Jenderal di Kemenkumham,” ucap Yasonna.

Andap telah memimpin jajaran Kemenkumham sebagai Sekretaris Jenderal selama 2 tahun dan 6 bulan sejak 1 Maret 2021 lalu. Yasonna berharap Andap tetap fokus untuk menyelesaikan target-target kinerja yang telah ditetapkan.

“Tetap fokus melaksanakan dan menyelesaikan target kinerja Kemenkumham secara cepat khususnya yang menjadi perhatian dan prioritas,” imbuhnya.

Selain dilantik sebagai ASN, Andap juga telah ditunjuk oleh Presiden RI menjadi Pj Gubernur Sultra yang akan dilantik Mendagri Tito Karnavian pada Selasa (5/9/2023).

Yasonna mengingatkan Andap dan segenap jajaran berstatus ASN agar tetap netral secara politik, khususnya dalam masa Pemilu dan Pilkada saat ini.

Dengan demikian, pelayanan Kemenkumham dan Pemprov Sultra kepada masyarakat tetap berjalan dengan kondusif.

“Baik di lingkungan Kemenkumham maupun di Sultra, saudara (Andap) harus mampu menjamin netralitas birokrasi dan dinamika politik di daerah agar tetap kondusif sehingga roda pemerintahan tidak terganggu,” pinta Yasonna.

Sementara itu, Andap mengungkapkan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Baginya, kepercayaan ini merupakan amanah dan kesempatan untuk memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat.

“Pelantikan ASN dan penunjukkan sebagai Pj Gubernur merupakan amanah Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa dan kepercayaan dari Bapak Presiden, serta Menteri Hukum dan HAM. In Syaa Allah akan saya jalankan dengan penuh tanggung jawab,” tutur Andap usai upacara pelantikan.

Ditunjuk Sebagai Pj Gubernur

Sebelumnya, Presiden menunjuk Andap Budhi Revianto sebagai Pj Gubernur Sultra. Eks Kapolda Sultra ini, menggantikan Gubernur Sultra Ali Mazi yang telah berakhir masa jabatannya.

Rapat TPA ini dipimpin Presiden Joko Widodo yang dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian, dan sejumlah menteri dan perwakilan lembaga di Istana Negara, pada Kamis (31/8/2023).

Nama Komjen Pol Andap Budhi Revianto, termasuk salah satu dari 10 pj gubernur yang ditetapkan dan akan dilantik pada Selasa (5/9/2023).

Rencananya, Mendagri Tito Karnavian atas nama Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Pol Andap Budhi Revianto menggantikan Gubernur Sultra Ali Mazi, setelah masa jabatannya berakhir.

Komjen Pol Andap Budhi Revianto sendiri merupakan 1 dari 3 nama yang diusulkan DPRD Sulawesi Tenggara untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur Sultra yang bakal ditinggal Ali Mazi.

Dua nama lain yang diusulkan DPRD Sultra untuk diusulkan menjadi Pj Gubernur yakni Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio dan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Muh Zamrun Firihu.

Ketiga nama ini dikirim dan digodok Kemendagri untuk selanjutnya dibawa ke rapat Tim Penilai Akhir yang dipimpin Presiden Jokowi.***

Editor: Fadli Aksar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like