160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
banner 728x250 banner 728x250

Komjen Pol Andap Budhi Revianto Ditunjuk Jadi Penjabat Gubernur Sulawesi Tenggara

Kendari – Komjen Pol Andap Budhi Revianto resmi ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra). Eks Kapolda Sultra ini akan menggantikan Ali Mazi, karena masa jabatan sebagai Gubernur Sultra telah berakhir pada Selasa (5/9/2023).

Komjen Pol Andap Budhi Revianto resmi menukangi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) berdasarkan keputusan rapat Tim Penilai Akhir (TPA).

Rapat TPA ini dipimpin Presiden Joko Widodo yang dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, Mendagri Tito Karnavian, sejumlah menteri dan perwakilan lembaga di Istana Negara, pada Kamis (31/8/2023).

Nama Komjen Pol Andap Budhi Revianto, termasuk salah satu dari 10 pj gubernur yang ditetapkan dan akan dilantik pada Selasa (5/9/2023).

Rencananya, Mendagri Tito Karnavian atas nama Presiden Joko Widodo akan melantik Komjen Pol Andap Budhi Revianto menggantikan Gubernur Sultra Ali Mazi, setelah masa jabatannya berakhir.

Meski begitu, Kapuspen Kemendagri Benni Irwan belum mengetahui ihwal jadwal pelantikan Sekjen Kemenkumham tersebut bersama 9 pj gubernur lainnya.

“Hingga saat ini belum ada arahan untuk pelantikan, sesuai ketentuan, pelantikan bisa dipimpin langsung oleh Presiden, tetapi bisa juga dilimpahkan ke Mendagri,” kata Benni via Kompas.

Komjen Pol Andap Budhi Revianto sendiri merupakan 1 dari 3 nama yang diusulkan DPRD Sulawesi Tenggara untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur Sultra yang bakal ditinggal Ali Mazi.

Dua nama lain yang diusulkan DPRD Sultra untuk diusulkan menjadi Pj Gubernur yakni Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Asrun Lio dan Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Prof Muh Zamrun Firihu.

Ketiga nama ini dikirim dan digodok Kemendagri untuk selanjutnya dibawa ke rapat Tim Penilai Akhir yang dipimpin Presiden Jokowi.***

Editor: FAD5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like