160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT

KSOP Kendari Sebut 35 Kapal Laik Angkut Ribuan Pemudik Lebaran 2023

Kendari – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kendari menyebut 35 kapal sudah laik untuk mengangkut penumpang mudik Lebaran 2023.

Hal itu diungkap saat melakukan apel kesiapan mudik lebaran dan mengecek salah satu kapal perintis yang akan digunakan untuk mengangkut penumpang di Pelabuhan Bungkutoko, Kota Kendari, pada Senin (10/4/2024).

Pengecekan kapal perintis Jetliner dilakukan bersama Polairud Polda Sulawesi Tenggara, TNI AL, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pelindo, Pelni, BMKG, dan Dinas Perhubungan.

Kepala KSOP Kendari, Letkol Marinir Agus Winarto mengecek beberapa bagian kapal kapal, seperti navigasi, ruang merokok hingga kursi penumpang.

Letkol Marinir Agus Winarto mengatakan, armada yang tersedia untuk mengangkut penumpang mudik lebaran sebanyak 35 kapal.

“Yang sudah kita periksa kelaikannya 35 itu dan insyaallah, kapal yang akan melayani saudara mudik lewat laut ini insyaallah lancar,” ucap Agus Winarto.

eiPro Advetorial

Salah satu kapal perintis yang laik tersebut, yakni KM Jetliner rute Kendari – Wakatobi Sulawesi Tenggara tersebut.

Menurutnya, kapasitas yang besar hingga 500 penumpang dan fasilitas representatif bisa memberikan kenyamanan bagi pemudik.

“Mudah-mudahan mudik tahun lancar, kita doakan juga cuacanya baik, agar semua bisa berjalan lancar, aman dan berkesan,” tegasnya.

Agus Winarto memprediksi, puncak arus mudik pada Lebaran 2023 ini terjadi pada 18, 19, hingga 20 April 2023 ini.

“Kita prediksi puncaknya di 3 hari itu, karena saudara kita yang ASN sudah cuti dan langsung mudik ke kampung halaman,” bebernya.

Selain itu, KSOP Kendari juga memprediksi, masyarakat yang akan mudik sebanyak 44 ribu penumpang.

Angka ini naik 4 ribu atau 10 persen dibanding Mudik Lebaran 2022 lalu.

Penulis: Fadli Aksar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You might also like